Kunker Spesifik, Komisi II DPR RI Pastikan Tahapan Pemilu 2024 On The Track

Purwakarta,delikliputan.com –

Kunjungan kerja ini dalam konteks memastikan bahwa semua tahapan Pemilu 2024 di daerah-daerah berjalan dengan baik, profesional, transparan, akuntabel, berintegritas dan kredibel sehingga semua pihak bisa mengakui dan menerima Pemilu nanti.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa pada agenda Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI Terkait Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Purwakarta, Bale Paseban Pendopo Pemkab Purwakarta, Selasa 14 Februari mm 2023.

“Jika tahapan-tahapan menuju Pemilu dipersiapkan dan dilakukan dengan baik maka akan kita dapatkan hasil Pemilu yang baik, tapi kalau tahapan-tahapannya dilakukan dengan persiapan yang kurang memadai dan persiapannya juga penuh dengan persoalan maka optimisme Pemilu, denhan sendirinya tidak akan berjalan dengan baik,” kata Kang Saan.

Menurutnya, DPR RI sebelumnya telah mengesahkan dan menyetujui PKPU terkait dengan soal pemetaan daerah pemilihan di tiap tingkatan.

“Untuk dapil DPR RI dan DPRD Provinsi itu tidak ada perubahan, dapil tetap menggunakan seperti pada Pemilu 2019 yang lalu tapi terkait dengan soal penataan dapil untuk kabupaten kota itu banyak pergeseran tentu dengan banyak pertimbangan,” ujarnya.

Baca juga:  Hati-hati Penipuan, Catut Nama Kades Cirende Di Whatsapp

Kang Saan juga menyinggung soal DPT. Ia berharap tidak ada lagi persoalan-persoalan terkait dengan data pemilih, semuanya harus akurat. “Misalnya ketika orang sudah meninggal tapi masih tercatat sebagai pemilih, orang sudah pindah masih juga ada tercatat sebagai data pemilih dan sebagainya, yang diharapkan untuk pemilu yang akan datang terkait dengan data pemilih itu harus benar-benar diawasi,” ujarnya.

Sementara, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam keterangannya mengatakan, untuk menyambut perhelatan Pemilu maupun Pilkada 2024 mendatang, secara umum, jajaran pemerintahan Kabupaten Purwakarta telah siap.

“Secara umum, kita sudah siap. sementara berkaitan dengan persoalan keakurasian DPT, jajarannya akan meminta jaminan ketersediaan blangko e-KTP kepada pemerintah pusat. Selain itu, kita juga sudah mensosialisasikan hal-hal yang berkenaan dengan KTP digital,” kata Ambu Anne.

Untuk hal-hal lainnya berkaitan dengan kesiapan untuk menghadapi Pemilu 2024 beserta tahapan-tahapannya. Selain terus berkoordinasi dengan unsur Forkopimda, ia juga terus melakukan komunikasi dengan jajaran penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu setempat. Termasuk memitigasi berbagai potensi yang kemungkinan menjadi kendala pada tahapan tersebut.

Baca juga:  Kedatangan Team Banggar DPRD Purwakarta Ke Setda Jadi Pertanyaan Masyarakat

“Melaui audensi dan koordinasi dengan kawan-kawan penyelenggara Pemilu, jajaran Pemkab Purwakarta terus berupaya menjalin komunikasi dua arah, agar tahapan-tahapan Pemilu di Kabupaten Purwakarta berjalan sebagai mana mestinya sesuai dengan peraturan dan perundangan yang ada,” kata Ambu Anne.

Ambu Anne juga mengungkapkan, Kunker ini juga dalam rangka silaturahmi dan juga menghadapi Pemilu 2024 dan berdiskusi berkaitan dengan isu-isu krusial dalam Pemilu mendatang.

“Kita berharap, dengan kunker ini dapat memberikan manfaat, pada pemahaman dan peningkatan kualitas pelaksanana Pemilu 2024. Dan untuk pemerintahan Kabupaten Purwakarta dan Anggota DPR RI Komisi II, kedepannya juga diharapka dapat terjalin sebuah sinergitas yang baik,” kata Ambu Anne.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Purwakarta Ahmad Ikhsan Faturrahman mengatakan, secara umum persiap Pemilu berjalan sesuai tahapan, meskipun ada sedikit kendala, tapi lebih ke teknis.

“Misalnya dari Silon saat tahapan DPD, tapi itupun, alhamdulillah sudah ada solusinya dan secara hirarkis, KPU Purwakarta selalu berkoordinasi dengan para pihak terkait. Sementara dari sisi SDM, seperti PPK sudah ada PPS sudah ada dan Pantarlih juga sudah ada, berarti KPU Purwakarta sudah siap dalam suksesi penyelenggaraan Pemilu serentak 2024,” kata Ikhsan.

Baca juga:  Terlintasi Angkutan Sampah, Warga Margasari Dapat Kompensasi dari Pemkab Purwakarta

Dalam agenda tersebut, tampak hadir Deputi Teknis Komisi Pemilihan Umum RI Muhammad Eberta Kawima, Deputi Administrasi Komisi Pemilihan Umum RI Purwanto Ruslan Hidayat, Bawaslu RI, Direktur Pencatatan Sipil dari Ditjen Dukcapil Kemendagri Handayani Ningrum, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Kepamongprajaan Dan Manajemen Dan Kepemimpinan, BPSDM Kemendagri, Mohammad Rizal.

Hadir juga, Divisi Perencanaan KPU Provinsi Jawa Barat, Nina Yuningsih, Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Yulianto dan Yusuf Kurnia, unsut Forkopimda Purwakarta, Asda dan Staf Ahli, para Kepala OPD, Ketua KPU Purwakarta Ahmad Ikhsan Faturahman dan jajaran, Ketua Bawaslu Purwakarta Ujang Abidin dan jajaran serta para Camat se-Kabupaten Purwakarta´╗┐´╗┐.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *